Selasa, 19 April 2016

Suku Batak

Suku Batak

      Sistim Kepercayaan Sebelum adanya agama Hindu Budha, Kepercayaan orang Batak dahulu (kuno) adalah kepercayaan kepada arwah leluhur serta kepercayaan kepada benda-benda mati. Benda-benda mati dipercayai memiliki tondi (roh) misalnya: gunung, pohon, batu, dll yang kalau dianggap keramat dijadikan tempat yang sakral (tempat sembahan).Orang Batak percaya kepada arwah leluhur yang dapat menyebabkan beberapa penyakit atau malapetaka kepada manusiaSombaon yang paling besar orang Batak (kuno) disebut ‘Ompu Na Bolon’ (Kakek/Nenek Yang Maha Besar). Ompu Nabolon (pada awalnya) bukan salah satu dewa atau tuhan tetapi dia adalah yang telah dahulu dilahirkan sebagai nenek moyang orang Batak yang memiliki kemampuan luar biasa dan juga menciptakan adat bagi manusia.Tetapi setelah masuknya kepercayaan dan istilah luar khususnya agama Hindu; Ompu Nabolon ini dijadikan sebagai dewa yang dipuja orang Batak kuno sebagai nenek/kakek yang memiliki kemampuan luar biasa.

  Senjata TradisionalPiso Gaja Dompak adalah senjata tradisional yang berasal dari Sumatera Utara. Nama piso gaja dompak diambil dari kata piso yang berarti pisau yang berfungsi untuk memotong atau menusuk, dan bentuknya runcing dan tajam. Bernama gaja dompak karena  berarti ukiran berpenampang gajah pada tangkai senjata tersebut.

gambar. piso gaja dompak


Sistem Kekerabatan
Kelompok kekerabatan suku bangsa Batak berdiam di daerah pedesaan yang disebut Huta atau Kuta menurut istilah Karo. Biasanya satu Huta didiami oleh keluarga dari satu marga.Ada pula kelompok kerabat yang disebut marga taneh yaitu kelompok pariteral keturunan pendiri dari Kuta. Marga tersebut terikat oleh simbol-simbol tertentu misalnya nama marga


Stratifikasi sosial orang Batak didasarkan pada empat prinsip yaitu : (a) perbedaan tigkat umur, (b) perbedaan pangkat dan jabatan, (c) perbedaan sifat keaslian dan (d) status kawin




SISTEM POLITIK
Dalam masyarakat Batak sistem kepemimpinan dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :
a. Kepemimpinan dibidang adat
Meliputi perkawinan, perceraian, kematian, warisan penyelesaian perselisihan, kelahiran.
Kepemimpinan ini terletak di Dalihan Na Tolu (toba), sangkep sitelu (karo) atau dimusyawah yang dipimpin oleh SUHUT.
Suhut yaitu orang yang mengundang pihak hula-hula boru.
b. Kepemimpinan dibidang agama
Dalam agama Islam dipegang oleh Kyai (ustadz) dan agama Kristen Protestan dan Katholik oleh Pendeta, dipedalaman dipegang oleh DATU.
c. Kepemimpinan dibidang pemerintahan


Kepemimpinan ini dipilih melalui pemilihan.
Gambar. rumah bangunan Ruma

SENI KERAJINAN
Salah satu dari kerajinan Suku Batak adalah Kain Tenun.
Kain Tenun yang terkenal adalah Kain Ulos dan Kain Songket.

Tarian
  Tari Tor-tor (bersifat magis);
Tortor adalah tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang. Secara fisik tortor merupakan tarian, namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tortor adalah sebuah media komunikasi, di mana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara
  Tari serampang dua belas (bersifat hiburan)
Alat Musik tradisional : Gong; Saga-saga.
Gambar.Tarian Tor-tor
Pakaian
Ulos Batak adalah pakaian adat suku batak.
ULOS adalah kain tenun khas Batak berbentuk selendang, yang melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya atau antara seseorang dan orang lain, seperti yang tercantum dalam filsafat batak yang berbunyi: “Ijuk pengihot ni hodong.” Ulos penghit ni halong, yang artinya ijuk pengikat pelepah pada batangnya dan ulos pengikat kasih sayang diantara sesama.
     Pada mulanya fungsi Ulos adalah untuk menghangkan badan, tetapi kini Ulos memiliki fungsi simbolik untuk hal-hal lain dlam segala aspek kehidupan orang Batak. Ulos tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang Batak. Setiap ulos mempunyai ‘raksa’ sendiri-sendiri, ertinya mempunyai sifat, keadaan, fungsi, dan hubungan dengan hal atau benda tertentu.

Sistem Ekonomi
Sebagian besar orang Batak hidup dari bercocok tanam pada sawah-sawah, tegalan dan huma (ladang). Yang ditanam adalah padi, palawija, sayuran dan buah-buahan. Padi hanya dapat panen sekali dalam setahun, karena irigasinya belum teratur dan kontinyu. Dalam peladangan orang masih sering membuka hutan dan membakar sisa-sisa kayu dan rantingnya. Sebagian juga ada yang menanam kopi.
sepanjang tepi danau Toba banyak penduduk yang mencari ikan menopang hidupnya.
Orang Batak juga mengenal sistem gotong-royong kuno dalam hal bercocok tanam yang disebut raron (Karo) atau marsiurupan (Toba). Peternakan juga dilakukan, tetapi hanya bersifat sambilan saja. Jenis ternaknya : kerbau, sapi, kuda, kambing dan ternak unggas. Orang Batak banyak yang merantau ke luar daerah, terutama Jawa.



1 komentar:

  1. The Ultimate Guide to Slots in the USA - JTM Hub
    The best casino 성남 출장샵 slots 통영 출장샵 you will find for slots, table games, and 제천 출장샵 sports betting. Some people prefer 김해 출장안마 slot games. You can do 부산광역 출장마사지 a

    BalasHapus